Home » » Gigi Sensitif

Gigi Sensitif

Gigi Sensitif, memiliki gigi yang sehat,putih dan bersih serta tidak mangalami bau mulut merupakan dambaan setiap orang. apa jadinya jika anda mengalami Gigi Sensitif, yang terasa ngilu dan linu tentunya akan sangat mengganggu anda pada saat akan melakukan aktifitas keseharian anda. Informasi Terbaru buat anda yang mungkin mengalami gigi sensitif yang tersa ngilu dan linu pada saat anda memakan atau meminum akan terasa menyiksa sekali buat anda.

Banyak kasus yang ditangani docter ahli gigi dengan keluhan gigi terasa ngilu dan linu bila minum air dingin, ketika bernafas pada saat musim dingin atau ketika mengunyah makanan, terhadap rasa asam maupun manis. Keluhan-keluhan itu mencirikan gigi pasien termasuk gigi sensitif.

Nah berikut ini kami berikan untuk anda bebrapa alasan kenapa gigi bisa terasa ngilu dan linu serta sensitif pada pada makanan dan minuman entah itu panas maupun dingin.


gigi sensitif




Kenapa gigi menjadi sensitif?

1. Dari hasil penelitian para ahli di USA, sebanyak 50-90%, penderita memberikan tekanan besar/berlebih pada saat menggosok gigi. Kebiasaan menggosok gigi dengan tekanan berlebih dapat membuat gusi mengalami iritasi atau gusi menurun dari leher gigi, lama kelamaan akar gigi akan terbuka (resesi gingiva), leher gigi berlubang, lapisan email pun akan berkurang ketebalannya sehingga bila minum air dingin, asam/manis atau bahkan tersentuh bulu sikat gigi pun akan terasa ngilu.

2. Oral hygiene/keadaan rongga mulut yang buruk, penumpukan plak/karang gigi, yang merupakan rumah tinggalnya berjuta-juta kuman dalam rongga mulut. Lambat laun karang gigi pun dapat mengiritasi gusi sehingga gusi akan mudah berdarah, timbul pula bau mulut yang tidak "segar".

3. Pembentukan lapisan email gigi yang kurang sempurna (ename hypoplasia) dapat pula terjadi pada individu-individu tertentu. Keadaan ini pun akan menjadikan gigi menjadi sensitif.

4. Food impaksi/penumpukan sisa-sisa makanan di daerah pertemuan gigi dengan gigi/kontak gigi. Sisa makanan ini menyusup masuk melalui leher gigi dan sulit terjangkau sikat gigi sehingga akan sulit dibersihkan, lama kelamaan penumpukannya akan semakin banyak, menekan saku gusi semakin dalam dari keadaan normal.

Timbul sakit hilang timbul atau terus menerus sampai timbul lubang gigi pada pertemuan antara gigi tersebut. Bila keadaan ini dibiarkan berlarut-larut gigi akan semakin keropos dan hancur.

Semoga apa yang  kami berikan di atas dapat bermanfaat dan berguna buat anda. dan semoga gigi sehat dan bersih akan menjadi milik anda.